5 Tips Memilih Apartemen untuk Staycation – Staycation saat ini kian digemari sebagai pilihan liburan kaum urban. Pilihannya semakin beragam, tidak terbatas pada hotel dan villa saja, apartemen pun sekarang bisa menjadi tempat yang asyik untuk staycation.

 

Apa saja yang perlu diperhatikan ketika staycation di apartemen? Berikut adalah tips memilih apartemen yang pas untuk staycation.

1.  Cari Apartemen di Situs Terpercaya

Kamu akan menghabiskan waktu beberapa hari di apartemen selama staycation, jadi pastikan apartemen yang kamu pesan tidak zonk. Selalu pilih apartemen yang jelas kondisi dan fotonya. Jika ada contact person yang bisa dihubungi, ada baiknya kamu menghubungi pemilik apartemen terlebih dahulu sebelum menyewa.

 

Di sinilah letak perbedaan staycation di hotel dan staycation di apartemen. Jika kamu staycation di hotel, kamu hanya perlu berhubungan dengan pihak manajemen hotel, mulai dari pemesanan, check-in dan check-out. Sedangkan untuk apartemen, kamu tidak perlu menghubungi pengelola. Kamu hanya perlu menghubungi pemilik unit.

 

Oleh karena itu, kamu disarankan untuk menyewa apartemen lewat situs penyewaan apartemen yang terpercaya. Dengan begitu, akan ada pihak ketiga yang menjamin keamanan dan kenyamanan staycation kamu.

2.  Cermati Ulasan Penyewa Sebelum Kamu

Terkadang apa yang ditampilkan di foto, tidak seindah aslinya. Maka dari itu penting bagi kamu untuk membaca review apartemen sebelum melakukan staycation. Biasanya, situs-situs penyewaan apartemen terpercaya menyediakan fasilitas ulasan bagi penyewa yang sudah check-out.

 

Mereka bebas menulis apapun. Dari sini, kamu bisa tahu pengalaman staycation mereka, dan apakah apartemen yang mereka sewa cocok untuk kamu. Informasi seperti kebersihan, suasana, fasilitas, sampai harga yang sesuai adalah informasi-informasi yang biasa kamu temukan di kolom review apartemen.

3.  Sesuaikan Fasilitas dengan Kebutuhan

Apa saja yang akan kamu lakukan selama staycation? Jika kamu lebih banyak menghabiskan waktu di dalam ruangan, pilihlah unit apartemen yang luas, dengan fasilitas full furnished. Pilih juga apartemen yang menyediakan fasilitas hiburan seperti kolam renang, lapangan tenis, lapangan basket, sampai ruang karaoke.

 

Dengan memilih apartemen dengan fasilitas lengkap seperti ini, staycation kamu bisa jauh lebih menyenangkan. Akan tetapi, jika kamu hanya staycation untuk mengunjungi tempat-tempat di sekitar apartemen, ada baiknya untuk memilih apartemen yang minim fasilitas. Tidak perlu ada kolam renang, atau lapangan tenis, jika di apartemen kamu dan teman-teman hanya akan tidur, setelah lelah berjalan-jalan. Dengan begitu, staycation di apartemen bisa menjadi lebih murah.

4.  Pemilihan Lokasi

Sebagian besar apartemen yang dibangun di Jakarta ditujukan untuk para pebisnis, karyawan dan mahasiswa. Biasanya lokasinya berada di dekat pusat bisnis atau pusat kota. Jika kamu ingin staycation dengan suasana sunyi dan private, apartemen-apartemen yang terletak di lokasi sibuk, perlu kamu hindari.

 

Untuk staycation dengan suasana yang sunyi, segar dan private, apartemen di Bandung bisa menjadi pilihan yang sesuai. Udara Bandung yang dingin, ditambah dengan kontur pegunungannya yang enak dilihat, akan membuat staycation mu jadi lebih berkesan.

 

Selain suasana, hal lain yang perlu dipertimbangkan dalam memilih apartemen untuk staycation adalah fasilitas publik di sekitar apartemen. Apartemen yang memenuhi kriteria untuk staycation biasanya berada tidak jauh dari mall, restoran, atau tempat wisata lainnya.

5.  Bandingkan Apartemen Sejenis

Jika sudah menemukan apartemen ideal untuk staycation, jangan berhenti sampai di sana. Carilah beberapa pilihan apartemen, dan dari sana, putuskan mana yang terbaik. Kamu bisa bandingkan unit 2BR di apartemen A dengan unit 2BR di apartemen B, dan seterusnya. Poin yang dibandingkan mencangkup harga sewa, fasilitas, sampai lokasinya.

 

Tidak jarang, ketika sedang membanding-bandingkan apartemen, kamu malah menemukan promo staycation menarik di apartemen yang belum kamu cari. Setali tiga uang, kamu bisa staycation di apartemen sambil menghemat pengeluaran.

 

Sewa apartemen untuk staycation memang sedikit berbeda dengan sewa hotel. Namun dari segi pengalamannya, boleh diadu. Tips-tips memilih apartemen untuk staycation di atas sudah lebih dari cukup untuk membuat staycation kamu aman dan nyaman. Selamat berlibur.

Comments are closed.